+62 811 808 5764
sales@anekamandiri.com

Mengenal Mechanical Seal lebih detail

Kali ini kita akan membahas mengenai sistim sealing dari segala jenis pompa, umumnya seperti pompa centrifugal, helical single screw pump, gear pump dll. Jenis sealing yang akan kita bahas adalah mechanical seal.

Mechanical seal terdiri dari 3 bagian yaitu :

Rotary parts: bagian yang bergerak mengikutin shaft pompa.
Stationary Parts: Bagian yang diam di “Back Cover” Pompa
Elastomer : terletak antara Stationary dan Roary

Material dari permukaan rotary dan stationary dikenal dengan istilah surface dari mechanical seal ,  diantaranya adalah Ceramic, Stainless Steel, Silicone Carbide, Tungsten Carbide dll , sedangkan material dari Elastomer adalah EPDM, Buna, Neoprene, Viton, Karez dll.

Material dari mechanical seal pompa ditentukan oleh media yang akan dipindahkan antara lain:

  • Properties dari media tersebut.
  • Temperature
  • Viscositas
  • Ada tidaknya solid partical

Ini adalah data-data dasar yang dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan material dari mechanical seal, agar tujuan dan fungsi pemasangan mechanical seal sesuai dengan harapan kita.

Bagian yang paling penting adalah elastomer dari mechanical seal tersebut, karena bagian ini yang paling fatal terhadap kegagalan dari mechanical seal karena elastomer ini berfungsi sebagai sealing dibagian rotary dan stationary.

Sedangkan untuk pemasangan mechanical seal dan fasilitas lainnya dari pada mechanical seal ini banyak macamnya, tergantung dari jenis cairan yang dihandle dan standar yang diinginkan oleh pihak pemakai. Hal ini akan kita bahas satu persatu diedisi berikutnya.

Post Tagged with :

Comments are closed.